Pembahasan SBMPTN 2018 Matematika IPA Kode 410
Berikut adalah solusi SBMPTN 2018 Matematika IPA Kode 410!
1. Jika nilai minimum fungsi \(f\left( x \right) = {a^2}\cos \left( x \right) + a\) adalah \(\frac{1}{4}\), maka nilai maksimum \(f\left( x \right)\) adalah ....
(A) \(\frac{1}{2}\)
(B) \(\frac{3}{4}\)
(C) \(1\)
(D) \(\frac{5}{4}\)
(E) \(4\)
2. Diketahui bayangan titik \(B\left( {5,1} \right)\) jika dicerminkan terhadap sumbu \(x\), kemudian digeser sejauh \(a\) satuan ke kiri dan \(b\) satuan ke atas, adalah \(B'\left( {p,q} \right)\). Titik-titik \(O\left( {0,0} \right),\;A\left( {p,o} \right),\;B\left( {p,q} \right),\;C\left( {0,q} \right)\) membentukpersegi dengan luas 4 satuan di kuadran I. Nilai \(a + 3b\) adalah ….
(A) 4
(B) 8
(C) 12
(D) 16
(E) 20
3. Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan Panjang rusuk \(2\sqrt 2 \) cm. Jika titik P di tengah-tengah AB dan titik Q di tengah-tengah BC, maka jarak antara titik H dengan garis PQ adalah ….
(A) \(\sqrt {15} \)
(B) \(4\)
(C) \(\sqrt {17} \)
(D) \(3\sqrt 2 \)
(E) \(\sqrt {19} \)
4. \(\mathop {\lim }\limits_{x \to 0} \frac{{\sqrt {9 + 6x} - \sqrt {9 - 6x} }}{{{x^2} + x}} = \)
(A) 0
(B) 1
(C) 2
(D) 3
(E) 4
5. Diberikan barisan geometri \({U_n}\) dengan \({u_2} - 9\) adalah rata-rata \({u_1}\) dan \({u_3}\). Jika \({u_1} = - 8\), maka jumlah \(4\) suku pertama yang mungkin adalah \( \ldots .\)
(A) -10
(B) -5
(C) -2
(D) 8
(E) 20
6. Daerah R dibatasi oleh \(y = {x^4}\), \(y = 1\), dan \(x = 2\) dan sumbu \(x\) positif. Volume benda padat yang didapat dengan memutar R terhadap sumbu \(x\) adalah ….
(A) \(\frac{6}{9}\pi \)
(B) \(\frac{8}{9}\pi \)
(C) \(\frac{{10}}{9}\pi \)
(D) \(\frac{{12}}{9}\pi \)
(E) \(\frac{{14}}{9}\pi \)
7. Ari dan Ira merupakan anggota dari suatu kelompok yang terdiri dari 9 orang. Banyaknya cara membuat barisan dengan syarat Ari dan Ira tidak berdampingan adalah ….
(A) \(7 \times 8!\)
(B) \(6 \times 8!\)
(C) \(5 \times 8!\)
(D) \(4 \times 8!\)
(E) \(3 \times 8!\)
8. Jika lingkaran \({x^2} + {y^2} - ax - ay + a = 0\) mempunyai panjang jari-jari \(\frac{1}{2}\). a, maka nilai \(a\) adalah ….
(A) 1
(B) 2
(C) 3
(D) 4
(E) 5
9. Sisa pembagian \(p\left( x \right) = a{x^3} - 2a{x^2} + bx + b\) oleh \(x - 2\) adalah \(a + 1\). Jika \(p\left( x \right)\) dibagi oleh \(x - 1\) bersisa 3, maka \(b - a = \) ….
(A) -9
(B) -5
(C) 2
(D) 3
(E) 5
10. Garis yang melalui titik \(O\left( {0,0} \right)\) dan \(P\left( {a,b} \right)\) berpotongan tegak lurus dengan garis singgung kurva \(y = \frac{9}{2} - {x^2}\) di \(P\left( {a,b} \right)\). Jika titik \(P\) berada di kuadran II, maka \(a + b = \)
(A) \( - \frac{3}{2}\)
(B) \( - \frac{{27}}{{50}}\)
(C) \(\frac{{6 - \sqrt 6 }}{2}\)
(D) \(\frac{{8 - \sqrt 2 }}{2}\)
(E) \(\frac{{15 - 2\sqrt 3 }}{4}\)
11. Jika \(\mathop \smallint \limits_0^4 f\left( x \right)dx = \sqrt 2 ,\;\)maka nilai \(\mathop \smallint \limits_0^2 xf\left( {{x^2}} \right)dx\) adalah ….
(A) \(\frac{{\sqrt 2 }}{4}\)
(B) \(\frac{{\sqrt 2 }}{2}\)
(C) \(\sqrt 2 \)
(D) \(2\sqrt 2 \)
(E) \(4\sqrt 2 \)
12. Diketahui \(\left( {{a_n}} \right)\) dan \(\left( {{b_n}} \right)\) adalah dua barisan aritmetika dengan \({a_1} = 5,\;{a_2} = 8,\;{b_1} = 3,\;\)dan \({b_2} = 7\). Jika \(A = \left\{ {{a_1},{a_2},{a_3}, \ldots {a_{100}}} \right\}\) dan \(B = \left\{ {{b_1},\;{b_2},\;{b_3},\; \ldots ,{b_{100}}} \right\}\) maka banyaknya anggota \(A \cap B\) adalah ….
(A) 20
(B) 21
(C) 22
(D) 23
(E) 24
13. Himpunan bilangan real \(x\) pada selang \(\left[ {0,\;2\pi } \right]\) yang memenuhi \(2{\cos ^2}x \le 3 - 3\cos 2x\) berbentuk \(\left[ {a,b} \right] \cup \left[ {c,d} \right].\) Nilai \(a + b + c + d\) adalah ….
(A) \(\pi \)
(B) \(2\pi \)
(C) \(3\pi \)
(D) \(4\pi \)
(E) \(5\pi \)
14. Himpunan semua nilai \(c\) agar grafik \(y = {3^{2{x^2} + cx + c}}\) dan \(y = {3^{{x^2} - 3}}\;\)berpotongan adalah ….
(A) \(\left\{ {c:\; - 4 < c < 3} \right\}\)
(B) \(\left\{ {c:\; - 6 < c < 2} \right\}\)
(C) \(\left\{ {c:\;c < -6 atau c > 2} \right\}\)
(D) \(\left\{ {c:\;c < -2 atau c > 6} \right\}\)
(E) \(\left\{ {c:\;c < -4 atau c > 3} \right\}\)
15. Diketahui dua lingkaran \({x^2} + {y^2} = 2\) dan \({x^2} + {y^2} = 4\). Garis \({l_1}\) menyinggung lingkaran pertama di titik \(\left( {1, - 1} \right)\). Garis \({l_2}\) menyinggung lingkaran kedua dan tegak lurus dengan garis \({l_1}\). Titik potong \({l_1}\)dan \({l_2}\) adalah….
(A) \(\left( {1 + \sqrt 2 ,\;\sqrt 2 - 1} \right)\)
(B) \(\left( {1 - \sqrt 2 ,\;\sqrt 2 - 1} \right)\)
(C) \(\left( {1 + \sqrt 2 ,\;\sqrt 2 + 1} \right)\)
(D) \(\left( {1 - \sqrt 2 ,\;\sqrt 2 - 2} \right)\)
(E) \(\left( {1 + \sqrt 2 ,\;\sqrt 2 + 2} \right)\)
1. Jika nilai minimum fungsi \(f\left( x \right) = {a^2}\cos \left( x \right) + a\) adalah \(\frac{1}{4}\), maka nilai maksimum \(f\left( x \right)\) adalah ....
(A) \(\frac{1}{2}\)
(B) \(\frac{3}{4}\)
(C) \(1\)
(D) \(\frac{5}{4}\)
(E) \(4\)
2. Diketahui bayangan titik \(B\left( {5,1} \right)\) jika dicerminkan terhadap sumbu \(x\), kemudian digeser sejauh \(a\) satuan ke kiri dan \(b\) satuan ke atas, adalah \(B'\left( {p,q} \right)\). Titik-titik \(O\left( {0,0} \right),\;A\left( {p,o} \right),\;B\left( {p,q} \right),\;C\left( {0,q} \right)\) membentukpersegi dengan luas 4 satuan di kuadran I. Nilai \(a + 3b\) adalah ….
(A) 4
(B) 8
(C) 12
(D) 16
(E) 20
3. Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan Panjang rusuk \(2\sqrt 2 \) cm. Jika titik P di tengah-tengah AB dan titik Q di tengah-tengah BC, maka jarak antara titik H dengan garis PQ adalah ….
(A) \(\sqrt {15} \)
(B) \(4\)
(C) \(\sqrt {17} \)
(D) \(3\sqrt 2 \)
(E) \(\sqrt {19} \)
4. \(\mathop {\lim }\limits_{x \to 0} \frac{{\sqrt {9 + 6x} - \sqrt {9 - 6x} }}{{{x^2} + x}} = \)
(A) 0
(B) 1
(C) 2
(D) 3
(E) 4
5. Diberikan barisan geometri \({U_n}\) dengan \({u_2} - 9\) adalah rata-rata \({u_1}\) dan \({u_3}\). Jika \({u_1} = - 8\), maka jumlah \(4\) suku pertama yang mungkin adalah \( \ldots .\)
(A) -10
(B) -5
(C) -2
(D) 8
(E) 20
6. Daerah R dibatasi oleh \(y = {x^4}\), \(y = 1\), dan \(x = 2\) dan sumbu \(x\) positif. Volume benda padat yang didapat dengan memutar R terhadap sumbu \(x\) adalah ….
(A) \(\frac{6}{9}\pi \)
(B) \(\frac{8}{9}\pi \)
(C) \(\frac{{10}}{9}\pi \)
(D) \(\frac{{12}}{9}\pi \)
(E) \(\frac{{14}}{9}\pi \)
7. Ari dan Ira merupakan anggota dari suatu kelompok yang terdiri dari 9 orang. Banyaknya cara membuat barisan dengan syarat Ari dan Ira tidak berdampingan adalah ….
(A) \(7 \times 8!\)
(B) \(6 \times 8!\)
(C) \(5 \times 8!\)
(D) \(4 \times 8!\)
(E) \(3 \times 8!\)
8. Jika lingkaran \({x^2} + {y^2} - ax - ay + a = 0\) mempunyai panjang jari-jari \(\frac{1}{2}\). a, maka nilai \(a\) adalah ….
(A) 1
(B) 2
(C) 3
(D) 4
(E) 5
9. Sisa pembagian \(p\left( x \right) = a{x^3} - 2a{x^2} + bx + b\) oleh \(x - 2\) adalah \(a + 1\). Jika \(p\left( x \right)\) dibagi oleh \(x - 1\) bersisa 3, maka \(b - a = \) ….
(A) -9
(B) -5
(C) 2
(D) 3
(E) 5
10. Garis yang melalui titik \(O\left( {0,0} \right)\) dan \(P\left( {a,b} \right)\) berpotongan tegak lurus dengan garis singgung kurva \(y = \frac{9}{2} - {x^2}\) di \(P\left( {a,b} \right)\). Jika titik \(P\) berada di kuadran II, maka \(a + b = \)
(A) \( - \frac{3}{2}\)
(B) \( - \frac{{27}}{{50}}\)
(C) \(\frac{{6 - \sqrt 6 }}{2}\)
(D) \(\frac{{8 - \sqrt 2 }}{2}\)
(E) \(\frac{{15 - 2\sqrt 3 }}{4}\)
11. Jika \(\mathop \smallint \limits_0^4 f\left( x \right)dx = \sqrt 2 ,\;\)maka nilai \(\mathop \smallint \limits_0^2 xf\left( {{x^2}} \right)dx\) adalah ….
(A) \(\frac{{\sqrt 2 }}{4}\)
(B) \(\frac{{\sqrt 2 }}{2}\)
(C) \(\sqrt 2 \)
(D) \(2\sqrt 2 \)
(E) \(4\sqrt 2 \)
12. Diketahui \(\left( {{a_n}} \right)\) dan \(\left( {{b_n}} \right)\) adalah dua barisan aritmetika dengan \({a_1} = 5,\;{a_2} = 8,\;{b_1} = 3,\;\)dan \({b_2} = 7\). Jika \(A = \left\{ {{a_1},{a_2},{a_3}, \ldots {a_{100}}} \right\}\) dan \(B = \left\{ {{b_1},\;{b_2},\;{b_3},\; \ldots ,{b_{100}}} \right\}\) maka banyaknya anggota \(A \cap B\) adalah ….
(A) 20
(B) 21
(C) 22
(D) 23
(E) 24
13. Himpunan bilangan real \(x\) pada selang \(\left[ {0,\;2\pi } \right]\) yang memenuhi \(2{\cos ^2}x \le 3 - 3\cos 2x\) berbentuk \(\left[ {a,b} \right] \cup \left[ {c,d} \right].\) Nilai \(a + b + c + d\) adalah ….
(A) \(\pi \)
(B) \(2\pi \)
(C) \(3\pi \)
(D) \(4\pi \)
(E) \(5\pi \)
14. Himpunan semua nilai \(c\) agar grafik \(y = {3^{2{x^2} + cx + c}}\) dan \(y = {3^{{x^2} - 3}}\;\)berpotongan adalah ….
(A) \(\left\{ {c:\; - 4 < c < 3} \right\}\)
(B) \(\left\{ {c:\; - 6 < c < 2} \right\}\)
(C) \(\left\{ {c:\;c < -6 atau c > 2} \right\}\)
(D) \(\left\{ {c:\;c < -2 atau c > 6} \right\}\)
(E) \(\left\{ {c:\;c < -4 atau c > 3} \right\}\)
15. Diketahui dua lingkaran \({x^2} + {y^2} = 2\) dan \({x^2} + {y^2} = 4\). Garis \({l_1}\) menyinggung lingkaran pertama di titik \(\left( {1, - 1} \right)\). Garis \({l_2}\) menyinggung lingkaran kedua dan tegak lurus dengan garis \({l_1}\). Titik potong \({l_1}\)dan \({l_2}\) adalah….
(A) \(\left( {1 + \sqrt 2 ,\;\sqrt 2 - 1} \right)\)
(B) \(\left( {1 - \sqrt 2 ,\;\sqrt 2 - 1} \right)\)
(C) \(\left( {1 + \sqrt 2 ,\;\sqrt 2 + 1} \right)\)
(D) \(\left( {1 - \sqrt 2 ,\;\sqrt 2 - 2} \right)\)
(E) \(\left( {1 + \sqrt 2 ,\;\sqrt 2 + 2} \right)\)
Komentar
Posting Komentar